Kamis, 26 Oktober 2017

Menunjang Implementasi Statistika Instansi, Prodi Ekonomi Pembangunan adakan KLKI jurusan ke Kota Semarang

“Menunjang Implementasi Statistika Instansi, Prodi Ekonomi Pembangunan adakan KLKI jurusan ke Kota Semarang”

#SalamHimepa

Selasa (17/10/2017) Program studi S1 Ekonomi Pembangunan melaksanakan kegiatan studi langsung lapangan bertajuk KLKI (Kuliah Lapangan Kujungan Instansi) dengan lokasi tujuan beberapa perusahaan di wilayah Kota Semarang.  Kota yang juga berstatus ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini dipilih menjadi lokasi kunjungan dengan mempertimbangkan ada dan berdirinya kawasan industri besar di wilayah pantai utara pulau jawa tersebut, sehingga begitu mudah dijumpai perusahaan besar dengan skala operasi tingkat Nasional maupun Internasional.

Kunjungan Instansi dilaksanakan dengan tujuan guna meningkatkann pengetahuan secara langsung dilapangan mengenai penerapan statistika Instansi atau perusahaan yaitu pengelolaan sumber daya,Sistem Kerja Internal, Sistem Upah Pekeja, Implementasi Proses Produksi, Quality Control (penjagaan kualitas), Strategi Pemasaran serta seluk beluk riwayat operasional Instansi.
KLKI Jurusan sendiri sebenarnya baru teraksana untuk pertama kalinya di tahun ini, dimana angkatan 2015 menjadi pionir kegiatan dan rencana kedepanya akan dilaksanakan secara rutin pada tiap angkatan. Kegiatan ini juga sebagai lanjutan dari kegiatan serupa dilingkup Fakultas Ekonomi yang terlaksana dan bertempat di pulau Bali pada tahun 2016 yang lalu.


Membawa sekitar 105 Mahaiswa yang saat ini duduk di semester 5 dan dengan pendampingan dari sejulah Dosen, rombongan KLKI mengunjungi 3 Instansi besar milik pemerintah (BUMN) seperti PT PELINDO III Semarang yang bergerak di bidang penyedia jasa dan pelayanan kegiatan di pelabuhan tanjung Emas Kota Semarang, ada juga BPK RI JATENG yang merupakkan lembaga pemeriksa keuangan negara serta PT TASPEN Semarang sebagai lembaga yang menyuguhkan layanan Rekapitulasi tunjangan pensiun dan sejumlah Asuransi khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).
Kunjungan yang memakan waktu satu hari tersebut diikuti dengan penuh antusias oleh Mahasiswa. Penerapan langsung dilapangan memang begitu penting dipelajari mengingat teori di bangku kuliah sangat perlu untuk diimplementasikan melalui kegiatan yang bersifat riil pada kondisi yang sebenarnya sebagaimana KLKI jurusan ini.

#BERSATUBERSAMAHIMEPAUNTIDAR

1 komentar: